Skip to main content

Cara Mengetahui Kode CVV BRI Simpedes & Britama

Cara Mengetahui Kode Keamanan CVV BRI Simpedes dan Britama - Kode CVV BRI dimana? Banyak yang bingung saat akan melakukan transaksi online namun kartu ATM-nya tidak memiliki nomor CVV. Ada yang mencari tahu letak kode keamanan CVV di ATM, buku tabungan termasuk di BRIMO namun tidak menemukannya.



Perlu diketahui kalau memang tidak semua kartu ATM BRI memiliki kode CVV. Di ATM BRI Simpedes yang saya gunakan, sama sekali tidak ada kode CVV di belakang kartu ATM. Sedangkan di ATM Britama, terdapat kode CVV.

Untuk mengatasi masalah terkait kartu ATM tanpa CVV saat daftar BRIMO online atau transaksi di e-commerce, bisa simak penjelasan Matatm.com berikut ini.

Apa itu CVV BRI?

CVV adalah singkatan dari Card Verification Value, yaitu kode keamanan kartu kredit, debit atau ATM yang terdiri dari 3 digit angka yang terletak di bagian belakang kartu di samping tanda tangan pemilik kartu.

Selain CVV, ada juga istilah CVC yang fungsinya sama. CVC sendiri merupakan singkatan dari Card Verification Code. Adapun perbedaan CVV dan CVC terletak pada jenis kartu. CVV digunakan pada kartu berlogo VISA, sedangkan CVC pada kartu berlogo MasterCard.

Bagian-bagian Kartu Kredit/Debit BRI

Jika dilihat lebih teliti lagi, kartu ATM sebenarnya memuat beberapa informasi penting, baik di sisi depan maupun belakang kartu. Agar lebih mudah dipahami, berikut ini bagian-bagian pada kartu ATM BRI:

Bagian Depan:

  • Logo Bank BRI sebagai penerbit kartu.
  • Jenis tabungan BRI.
  • Chip yang berwarna emas.
  • 16 digit nomor kartu debit atau ATM (Beda ya dengan nomor rekening di buku tabungan).
  • Masa berlaku kartu (Expired) / Valid Thru.
  • Jenis kartu kredit/debet ATM GPN, Visa atau MasterCard.

Bagian Belakang:

  • Informasi contact BRI.
  • Magnetic strip.
  • Panel signature untuk tanda tangan.
  • Kode CVV atau CVC.
  • Hologram.
  • Jaringan BRI Link, ATM Bersama, Prima, Maestro dan Cirrus.

Fungsi CVV BRI

Nomor CVV BRI berfungsi untuk verifikasi saat akan melanjutkan transaksi online yang harus memasukkan kode CVV/CVC. Kode CVV ini untuk memastikan bahwa yang akan melakukan transaksi benar-benar adalah pemilik kartu tersebut. Karena pada dasarnya yang mengetahui kode CVV kartu kredit/debet hanya pemilik kartu itu sendiri.

Untuk itulah, BRI selalu menyarankan agar nasabah menjaga kerahasiaan data kartu kredit seperti CVV, nomor kartu, EXP Date, termasuk kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email.

Lihat juga cara mengetahui kode CVV BCA

Cara Mengetahui Kode CVV BRI

Untuk mengetahui kode keamanan kartu debit BRI sangat mudah, cukup lihat bagian belakang kartu dan temukan 3 - 4 digit angka kode CVV BRI. Cara ini khusus untuk melihat CVV BRI pada kartu kredit atau ATM yang berlogo MasterCard atau VISA.

Cara Mengetahui Kode CVV BRI Simpedes GPN

Cara mengetahui kode keamanan CVV BRI Simpedes GPN

Perlu diketahui tidak ada kode keamanan kartu debit BRI GPN atau CVV/CVC. Jadi, untuk kamu yang memiliki tabungan BRI Simpedes dengan jenis kartu GPN, tidak perlu mencari kode CVV karena memang tidak ada.

Cara Melihat CVV Di Buku Tabungan

Kode CVV hanya terletak di kartu debit atau kredit berlogo MasterCard dan VISA. Untuk ATM GPN maupun di buku tabungan rekening, tidak terdapat kode CVV.

Cara Mendapatkan Kode CVV

Jika tidak ada kode keamanan CVV BRI, maka yang bisa dilakukan adalah dengan membuka rekening BRI baru yang kartu debetnya memiliki kode VCC. Contoh rekening Britama X yang memungkinkan kamu mendapatkan kartu ATM berlogo MasterCard. Selengkapnya bisa lihat http://bukarekening.bri.co.id.

Daftar BRIMO Tapi Tidak Ada Kode CVV

Seperti diketahui, saat ini daftar BRIMO bisa dilakukan secara online tanpa ke bank. Namun salah satu kendalanya adalah membutuhkan kode CVV. Untuk mengatasinya, kita tetap bisa mengaktifkan BRIMO tanpa perlu CVV dengan cara melanjutkan proses pendaftaran tanpa perlu memasukkan nomor CVV.

Lihat juga arti SA Cash Dep NoBook BRI

Tips Aman Transaksi Online Lewat BRI

Untuk terhindar dari penipuan transaksi online, bisa ikuti panduan berikut ini.

  • Jangan tertarik dengan link promo yang tidak jelas di WhatsApp, Facebook dan lainnya. Banyak korban kejahatan transaksi online terjadi karena ketidaktahuan nasabah terkait informasi rentan sehingga mengisi formulir dan mengirimkan kode OTP (One Time Password).
  • Tidak perlu posting kartu kredit di media sosial karena berisiko disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
  • Jika terdapat transaksi yang mencurigakan langsung hubungi penerbit kartu kredit dan memblokir transaksi dari kartu kredit
  • Selalu gunakan password BRIMO atau internet banking yang aman dan sulit ditebak.

Dimana letak kode CVV BRI?

Kode keamanan kartu debit Britama atau CVV BRI berupa 3 digit angka terakhir terletak di sisi belakang kartu dekat tanda tangan.

Apa fungsi CVV?

Kode CVV digunakan sebagai verifikasi transaksi tahap akhir saat melakukan pembelian atau pembayaran online menggunakan kartu kredit.

Apakah kode CVV BRI ada di buku tabungan?

Untuk kamu yang ingin melihat CVV di buku tabungan tidak akan ketemu karena kode keamanan ini hanya ada di kartu debet atau ATM. Itupun khusus yang menggunakan jenis kartu MasterCard dan VISA.

Bagaimana cara mendapatkan CVV BRI?

Jika kartu debit BRI tidak ada CVV, satu-satunya cara adalah dengan mengganti ATM ke MasterCard atau VISA. Cara mendapatkan CVV BRI yang paling mudah adalah dengan membuka rekening baru yang jenis ATM-nya memiliki CVV.

Kesimpulan

Jadi tidak semua kartu ATM BRI memiliki kode VCC. Contohnya ATM BRI GPN. Jika berlogo MasterCard atau VISA, pasti terdapat nomor VCC di belakang kartu. Kamu bisa lihat sendiri di kartu debet yang kamu gunakan.

Lihat juga arti reversal rekening BRI

Demikianlah cara mengetahui kode keamanan CVV BRI Simpedes dan Britama. Semoga bermanfaat!

dev.saksiiman.com
Dev.Saksiiman.com
"Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan dimenangkan." - Sutan Syahrir

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965