Skip to main content

Arti Reversal BRI, Penyebab Dan Cara Mengatasi Transaksi Reversal

 Arti Reversal BRI, Penyebab Dan Cara Mengatasi Transaksi Reversal - Apa itu transaksi reversal BRI? Pertanyaan tersebut sering diajukan oleh nasabah yang gagal melakukan transaksi, entah transfer atau penarikan tunai di ATM.

Gagal transaksi adalah hal yang biasa dalam dunia perbankan. Namun yang menjadi masalah adalah saldo di rekening berkurang. Hal ini pernah saya alami ketika melakukan transaksi tarik tunai di ATM.

Mesin ATM tidak mengeluarkan uang sama sekali dan terdapat sms notifikasi dari BRI yang menyatakan transaksi reversal. Tidak perlu panik, tetap tenang dan simak penjelasan Matatm.com berikut ini tentang penyebab terjadinya reversal BRI dan solusinya.

Arti Reversal BRI

Arti transaksi reversal BRI adalah pengembalian saldo ke rekening akibat kegagalan transaksi. Pada dasarnya dana reversal akan dikembalikan ke rekening secara otomatis.

Walaupun saldo berkurang setelah melakukan transaksi, biasanya kurang dari 5 menit saldo akan masuk kembali. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah reversal mungkin masih asing terdengar. Namun tidak dalam dunia perbankan.

Kata reversal adalah adalah salah satu istilah umum yang digunakan dalam transaksi bank untuk menunjukkan kegagalan transfer atau penarikan tunai akibat beberapa hal dimana nasabah tidak perlu khawatir apa pun.

Walaupun saldo berkurang, nantinya dana reversal akan dikembalikan ke rekening asal secara penuh.

Perlu diketahui kalau transaksi reversal bisa terjadi saat transfer atau penarikan tunai di mesin ATM, EDC, BRI Mobile, SMS Banking dan Internet Banking.

Contoh Reversal Di SMS Banking BRI

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh notifikasi SMS Banking BRI reversal:

Reversal penarikan tunai ATM

Trx Rek.1870***530: (REVERSAL) PENARIKAN TUNAI ATM Rp1.000.000 26/03/21 8:10:02

Reversal transfer BRIMO

Sobat BRI! Dana Rp300.000,00 reversal rekening 0187530 pada 24/03/22 18:45:44 ket.: BRIVA888324!BNKDNID WE***SIM

Reversal SMS Banking transfer gagal

Trx Rek.1870530 : Transfer NBMB RIP** WEL TO WE* SI* Rp.400.000 28/08/21 13:36:25

Penyebab Reversal BRI

Penyebab terjadinya reversal rekening BRI beragam. Mulai dari kesalahan server bank, gangguan jaringan sampai transaksi time out.

Mengapa transaksi bisa reversal, berikut ini penjelasannya:

  1. Error BRI dan kesalahan server bank

Dari hasil percobaan saya saat ada notifikasi aplikasi BRIMO:

Maaf, sedang terjadi kendala di sistem kami.
Kode error BRIMO Tagihan atau nomor BRIVA tidak ditemukan. (Kode: FP2714)

Salah satu kode error BRIMO ini menyebabkan transaksi reversal. Jika kode ini muncul, transaksi benar-benar tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu, baik lewat BRIMO, SMS Banking maupun Internet Banking (https://ib.bri.co.id).

Jika memaksa transaksi, hasilnya akan ada SMS banking reversal jika transaksi berhasil.

  1. Gangguan jaringan

Saat kejadian pertama saya mengalami transaksi reversal di mesin ATM, saya tidak bisa memastikan apakah penyebabnya uang di ATM yang habis atau gangguan jaringan.

Namun dari beberapa sumber, jaringan yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab transaksi reversal.

  1. Nomor rekening tujuan salah atau tidak aktif

Penyebab terjadinya reversal selanjutnya sehingga transaksi gagal adalah kesalahan memasukkan nomor rekening tujuan. Atau bisa jadi rekening tujuan transfer sudah tidak aktif atau diblokir.

  1. Tenggang waktu transaksi habis

Saat login di BRIMO, jika tanpa aktivitas selama beberapa menit, secara otomatis transaksi tidak bisa dilanjutkan karena tenggang waktu transaksi sudah habis (time out transaction). Ini merupakan bagian dari sistem keamanan transaksi perbankan.

Cara Mengatasi Reversal BRI

Untuk mengatasi transaksi reversal BRI, bisa ikuti panduan berikut ini:

  1. Pastikan melakukan transaksi di jam-jam normal sebelum tengah malam. Walaupun transaksi M-Banking 24 jam, namun beberapa kali server bank tidak bisa transaksi di jam-jam midnight seperti 24.00. Biasanya muncul kode error FP2714 selama beberapa menit sampai berjam-jam.
  2. Saat melakukan transaksi, pastikan jaringan internet stabil dan jangan memaksa melakukan transfer, terlebih jika di agen Brilink yang menggunakan mesin EDC. Biasanya transaksi berhasil namun terlihat seperti tidak selesai karena jaringan tidak stabil.
  3. Setiap kali melakukan transaksi transfer, pastikan untuk konfirmasi nomor rekening dan nama pemilik rekening.
  4. Terakhir saat login BRIMO jangan biarkan aplikasi tidak melakukan aktivitas apa pun terlalu lama agar tidak terjadi time out saat akan melanjutkan transaksi.

Lihat juga cara menghabiskan saldo di rekening BRI

Pengaduan Reversal BRI

Seperti dijelaskan di atas, tidak perlu khawatir saat ada SMS Banking reversal karena secara otomatis bank akan melakukan refund 100% dana yang keluar dari rekening kita (debet).

Waktu yang dibutuhkan biasanya kurang dari 10 menit. Pertama kali alami kejadian ini saat penarikan tunai ATM saldo benar-benar keluar dari rekening lewat SMS notifikasi BRI NOTIF.

Saya cek saldo di BRIMO benar-benar terpotong namun uang tidak keluar dari mesin ATM. Sekitar 2 menit ada SMS reversal masuk dan saya cek saldo lagi, sudah kembali.

Sejauh ini saya sudah beberapa kali mengalami transaksi reversal dan terakhir kurang dari 1 menit dana masuk kembali. Ya, terjadi proses debet dan kredit otomatis yang sangat cepat.

Adapun jika saldo tidak kembali, jangan ragu untuk melakukan pengaduan reversal BRI melalui CS Bank BRI terdekat atau lewat menu Bantuan di BRIMO atau Internet Banking BRI.

Apa itu Reversal BRI?

Arti reversal di SMS banking adalah SMS BRI NOTIF yang menunjukkan kegagalan transaksi dimana saldo dikembalikan ke rekening asal secara otomatis.

Rekening BRI reversal apakah saldo aman?

Sesuai dengan penjelasan di atas, walaupun uang di rekening berkurang, transaksi reversal menunjukkan saldo telah dikembalikan ke rekening sehingga saldo aman.

Kenapa transfer BRI reversal?

Penyebab reversal BRI karena server bank error atau gangguan jaringan saat melakukan transaksi, entah tarik tunai melalui ATM, di EDC, M-Banking dan lainnya.

Reversal BRI berapa lama?

Umumnya kurang dari 10 menit transaksi gagal akan muncul SMS notifikasi reversal BRI.

Apakah ada potongan saldo reversal BRI?

Tidak ada potongan saldo reversal BRI. Jika yang ditarik 1 juta, akan diterima kembali dengan nominal yang sama. Kecuali SMS notifikasi, ada biaya sekitar Rp500 per SMS BRI untuk transaksi normal.

Apa yang harus dilakukan saat terjadi reversal BRI?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek saldo. Jika saldo tetap utuh, artinya dana sudah masuk kembali dan nasabah tidak perlu melakukan apa pun. Jika saldo tidak kembali, sebaiknya menghubungi CS bank terkait.

Penutup

Jadi arti transaksi reversal rekening BRI adalah pengembalian saldo ke rekening asal akibat kegagalan transaksi. Memang benar jika saldo terdebet namun akan masuk kembali ke rekening secara penuh dalam waktu kurang dari 10 menit.

Selama bukan karena kelalaian nasabah, tetap tenang dan tidak perlu khawatir jika mengalami kegagalan transaksi perbankan di bank-bank yang telah terjamin.

Terakhir, sangat penting daftar SMS Banking agar bisa melihat transaksi debet dan kredit secara real time. Agar lebih aman, gunakan aplikasi BRIMO agar bisa cek saldo dan mutasi kapan pun dan di mana pun selama ada jaringan internet.

Lihat juga cara menghabiskan saldo ATM BNI di bawah 100 ribu

Demikianlah penjelasan arti reversal BRI, penyebab dan cara mengatasi transaksi reversal. Semoga bermanfaat!

dev.saksiiman.com
Dev.Saksiiman.com
"Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan dimenangkan." - Sutan Syahrir

Tentang
Anaktekno.com merupakan tempat berbagi tutorial aplikasi Android, Media Sosial, Windows, dan lain-lain. Kami juga menerima Jasa Convert Paypal, Content Placement, Unblock Link Facebook.

Informasi Lebih Lanjut
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Lara 4 Mukti Tama, Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965